Jumat, 16 Maret 2012

Pakaian Abu Nawas

Abu Nuwas Clothing.

Abu Nawas berpenampilan seperti orang biasa ketika bertandang ke pesta seorang bangsawan. Karena Abu Nawas tidak memakai pakaian layaknya tamu yang sedang mengikuti pesta, tak seorangpun tuan rumah yang melayaninya. Bahkan, Abu Nawas diusir karena dianggap merusak acara.

Bukan Abu Nawas jika tidak panjang akal. Ia pun pulang ke rumah mengganti pakaian, lalu kembali ke pesta. Bajunya indah layaknya seorang bangsawan. Sesampainya di pesta, dua pelayan menyambutnya dan menghidangkannya makanan dan minuman yang lezat.


Namun apa kata Abu Nawas, sambil melepas pakaian kebangsawanannya. "Hai pakaian, makanlah makanan yang disediakan tuan rumah. Karena yang dihargai di sini hanyalah dirimu, bukan aku!" kata Abu Nawas sambil pergi meninggalkan pesta. Tuan rumah dan para tamu hanya melongo melihat tingkat polah Abu Nawas.

Pakaian memang mencerminkan identitas seseorang. Namun sayangnya, identitas kadangkala sering dikaburkan hanya karena salah memakai pakaian. Dan alangkah indahnya jika si pemakai pakaian membungkus dirinya dengan jiwa ketakwaaan dan rendah hati. Wallahu'alam!

Sumber: Majalah Sabili No. 15 Th. XVI
Share

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar