Minggu, 11 Maret 2012

Daik Lingga, Menengok Sejarah Masa Lalu

Daik adalah sebuah kota yang terdapat di pulau Lingga, yang sekarang termasuk ke dalam Kabupaten Lingga, Propinsi Kepulauan Riau, Indonesia. Sekitar 2 abad lalu, daerah ini pernah menjadi pusat kerajaan Melayu, yaitu kerajaan Riau Lingga. Sebelumnya, pulau Lingga diperintah oleh seorang pemimpin Melayu yang sangat terkenal piawai bertempur terutama di laut yang bernama Datuk Megat Kuning, putera dari Datuk Megat Merah Mata yang menurut kisah setempat berasal dari Pangkalan Lama di Jambi. Setelah masa Kesultanan Johor-Pahang-Riau di Daik Lingga, sang Datuk diberi gelar Orang Kaya Temenggung dan berdomisili di pulau Mepar sebagai tempat pegangannya.

Adalah pada tahun 1787, Sultan Mahmud Syah III (Sultan Johor-Pahang-Riau yang berpusat di Hulu Riau) telah mengalahkan orang Belanda di Tanjung Pinang dengan bantuan pasukan lanun dari Tempasok. Setelah pasukan lanun kembali ke Tempasok, rasa tidak aman akan kembalinya Belanda ke Tanjung Pinang telah mengganggu pikiran Sultan Mahmud. Dengan dasar itulah maka pada tahun 1787, Sultan Mahmud Syah III beserta 200 kapal berlayar ke pulau Lingga dan menjadikan Daik sebagai pusat Kesultanan Johor-Pahang-Riau-Lingga. Semenjak saat itu ramailah orang-orang Melayu meninggalkan Hulu Riau pergi ke tempat lain seperti ke Selangor, Terengganu, Singapura, Pulau Bulang, Batam, Karimun, Kalimantan, Lingga, Singkep, Senayang, dan tempat-tempat lain. Sementara itu kedudukan Yam Tuan Yang Dipertuan Muda juga dipindahkan di pulau Penyegat pada tahun itu juga sebagai wakil Sultan Lingga.

Semenjak pindah ke Daik Lingga, usaha Sultan Mahmud Syah III dalam usaha melawan Belanda di Melaka terus dilakukan. Berbagai upaya terus diusahakan diantaranya meminta bantuan ke Tempasok untuk menyerang Belanda di Melaka lewat Pahang namun belum mendapat tanggapan dari Tempasok. Kemudian Sultan Mahmud berangkat ke Terengganu dalam mengusahakan perdamaian dengan Belanda. Hal ini membuahkan hasil dimana pada Agustus 1795 telah disetujui perjanjian yang menguntungkan Kerajaan Johor-Pahang-Riau-Lingga yang isinya antara lain:
1. British (Kompeni Inggeris) mengambil Melaka dari tangan kuasa Belanda.
2. Belanda harus membebaskan Riau dan menyerahkan semula kepada Sultan Mahmud Syah III. Serah terima ini dilakukan pada Oktober 1795 di Tanjung Pinang.

Sultan Mahmud Syah III adalah seorang pemberani dan gigih dalam mempertahankan negeri dari tangan penjajah Belanda. Beliau memerintah di Daik sampai mangkat pada tahun  1812 dan dimakamkan di belakang mesjid Sultan Lingga dan bergelar Marhum Masjid.

Setelah Sultan Mahmud Syah III wafat maka berturut-turut yang menggantikan kedudukann beliau adalah:
1.Tengku Abdul Rahman Syah putera Sultan Mahmud Syah III dengan permaisurinya Cek Maryam bin Datuk  Syahbandar Hasan, yang dilantik sebagai Sultan Johor-Pahang-Riau-Lingga ke XVII pada tahun 1812-1824 di Daik Lingga. Ketika Inggris dan Belanda membuat perjanjian di London pada 17 Maret 1824, Inggris lalu mengangkat Tengku Hussin ibni Sultan Mahmud Syah III dengan permaisurinya Encik Makoh binti Encek Jaafar Daeng Maturang sebagai Sultan Johor Singapura (Sultan Johor) ke XVIII dan bergelar Sultan Husin Syah. Maka dengan ini Sultan Abdul Rahman Syah hanya bertaraf sebagai Sultan Riau-Lingga ke I tahun 1824-1832. Sultan Abdul Rahman Syah mangkat dan dimakamkan di Bukit Cengkeh yang bergelar Marhum Bulit Cengkeh Daik.

2. Tengku Besar Muhammad putera Sultan Abdul Rahman Syah III dengan permaisuri Raja Fatimah, yang dilantik sebagai Sultan Riau-Lingga ke II bergelar Sultan Muhammad Muazzam Syah di Daik Lingga tahun 1832-1841. Mangkat dan dimakamkan di Bukit Cengkeh bergelar Marhum Keraton.

3. Tengku Besar Mahmud putera Sultan Muhammad Muazzam Syah dengan permaisuri Tengku Lebar (Tengku Tijah) yang bergelar Sultan Mahmud Muzzaffar Syah yang memerintah dari tahun 1841-1857. Pada tahun 1857 beliau dipecat oleh Kerajaan Belanda, kemudian meninggalkan Daik Lingga menuju   Pahang Malaya dan mangkat disana bergelar Marhum Mangkat di Pahang. Beliau merencanakan membuat istana 44 bilik dengan 2 tingkat yang belum  siap dikerjakan di Damnah Daik.

4. Raja Sulaiman putera Sultan Abdul Rahman Syah III dengan permaisurinya Cek Nora dilantik sebagai Sultan Riau Lingga ke IV pada tahun 1857-1883, yang bergelar Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah II. Bagindalah yang membangun istana Damnah tempat kediaman kerabat Sultan Lingga tahun 1860. Beliau mangkat dan dimakamkan di Bukit Cengkeh Daik.

5. Raja Abdul Rahman putera Tengku Embong Fatimah binti Sultan Mahmud Muzzaffar Syah dengan suaminya Raja Muhammad Yusuf Al-Ahmadi Yamtuan Muda Riau ke X. Beliau bergelar Sultan Abdul Rahman Muazzam Syah. Beliau memerintah di Daik Lingga dari tahun 1883-1900, kemudian pindah ke pulau Penyegat tahun 1900-1911. Pemindahan ini dilakukan karena Belanda telah menempatkan Residen di Dabo Singkep, Penuba, dan Tanjung Buton sehingga kekuasaan sultan semakin sempit. Sementara itu lembaga Yamtuan Dipertuan Muda dihapuskan sultan pada tahun 1900 itu juga. Pada tahun 1911 beliau dipecat oleh Residen Belanda Tuan Kopes di Tanjung Pinang, dan pada tahun 1912 kesultanan Riau-Lingga dihapuskan oleh Belanda. Kemudian Sultan  dan keluarga pindah ke Singapura, mangkat pada 28 September 1930 dan dimakamkan di Bukit Radin Mas Ayu Teluk Belanga.

Demikianlah semenjak tahun 1787 sampai tahun 1900 Daik Lingga telah menjadi pusat kesultanan Riau-Lingga dan sekarang hanya tinggal makam para sultan dan kerabat serta situs peninggalan sejarah kesultanan yang tersebar di pulau Lingga. Para keturunan sultan Lingga menyebar di beberapa tempat di Indonesia, Singapura, dan Malaysia. Diantara keturunan beliau dapat dibaca disini.

Sumber: M. Amin Yacob, Sejarah Kerajaan Lingga, Unri Press, Pekanbaru, 2004








Share

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar