Kamis, 08 Maret 2012

Cemburu Buta, Boleh atau Tidak?

Cemburu adalah tabiat yang alami. Ia berfungsi sebagai penjaga kemuliaan dan kehormatan manusia. Ada dua jenis cemburu. Pertama, cemburu yang membuat seseorang dapat memperbaiki keluarga. Kedua, cemburu yang justru sebaliknya, dapat menyebabkannya masuk neraka.

Disebutkan dalam sebuah hadits, Saad bin Ubadah ra berkata, "Sekiranya aku melihat seorang laki-laki bersama dengan isteriku, niscaya akan ku tebas ia dengan pedang." Ucapan itu akhirnya sampai kepada Rasulullah saw, lalu beliau bersabda, "Apakah kalian merasa heran terhadap kecemburuan Saad? Demi Allah, aku lebih cemburu dari padanya dan Allah lebih cemburu dari padaku."

Dalam sebuah riwayat, Anas ra menceritakan, "Suatu ketika Rasul sedang berada di rumah salah seorang isteri beliau. Tiba-tiba isteri yang lain mengirim mangkok berisi makanan. Melihat itu, isteri yang rumahnya kedatangan Nabi memukul tangan pelayan pembawa makanan tersebut, maka jatuhlah mangkok tersebut dan pecah. Kemudian Rasul mengumpulkan kepingan-kepingan pecahan tersebut serta makanannya sambil berkata: "Ibu kalian sedang cemburu." Lalu Rasul menahan pelayan tersebut, kemudian beliau memberikan padanya mangkok milik isteri yang sedang bersama beliau untuk diberikan kepada pemilik mangkok yang pecah. Mangkok yang pecah beliau simpan di rumah isteri yang sedang bersama beliau."

Ibnu Hajar menjelaskan bahwa isteri Rasulullah saw yang memecahkan mangkok adalah Ummul Mukminin Aisyah. Sedangkan yang mengirim makanan adalah Zainab binti Jahsy.

Dalam riwayat lain, Aisyah menuturkan, "Aku tidak pernah cemburu kepada seorang wanita terhadap Rasulullah saw sebesar cemburuku kepada Khadijah. Sebab beliau selalu menyebut namanya dan memujinya."

Dalam sebuah riwayat disebutkan, Aisyah berkata, "Ketika pada suatu malam yang Rasul berada di sampingku, beliau mengira aku sudah tidur, maka beliau keluar. Lalu aku pun pergi mengikutinya. Aku menduga beliau pergi ke salah satu isterinya dan aku mengikutinya sehingga beliau sampai di Baqi'. Beliau belok, aku pun belok. Beliau berjalan cepat, akhirnya aku mendahuluinya. Lalu beliau berkata, "Kenapa kamu, hai Aisyah, dadamu berdetak kencang?" Lalu aku mengabarkan kepada beliau kejadian yang sesungguhnya. Beliau bersabda, "Apakah kamu mengira bahwa Allah dan Rasul-Nya akan menzalimimu."

Cemburu memang boleh, yang tidak boleh adalah cemburu buta. Rasulullah saw berpesan kepada Aisyah, "Hai Aisyah, bersikaplah lemah-lembut. Sebab jika Allah menginginkan kebaikan pada sebuah keluarga, maka Dia menurunkan sifat kasih-Nya ditengah keluarga tersebut."

Sumber Majalah Sabili No. 26 TH. XIV
Share

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar