Sabtu, 16 Juni 2012

Jalan-Jalan ke Pekanbaru: Tugu-Tugu

Tugu Selamat Datang. Tugu ini adalah tugu yang pertama kali dilihat karena  berada di persimpangan jalan Jenderal Sudirman dan jalan masuk ke bandara Sultan Syarif Kasim II.


Tugu Zapin terletak di persimpangan jalan Jenderal Sudirman dan jalan Gajah Mada dan tepat berada di titik 0 (nol) kilometer Pekanbaru. Sebelumnya di tempat ini berdiri tugu Pesawat. Tugu Zapin ini terbuat dari perak dan berharga 4,5 milyar.

Tugu Adipura terletak di jalan Jendral Sudirman depan kantor Walikota. Tugu ini menandakan keberhasilan kota Pekanbaru memperoleh Adipura 7 kali berturut-turut semenjak tahun 2004 sampai 2011. Pada tahun 2011 kota Pekanbaru memperoleh Adipura Kencana kategori kota besar.

Tugu Ikan Selais terletak berdampingan dengan Tugu Adipura. Sebelumnya di tempat ini berdiri tugu Air Mancur

Tugu Bambu Runcing terletak di persimpangan jalan Diponegoro Pekanbaru dan jalan Hang Tuah

Tugu Keris terletak di persimpangan jalan Diponegoro dan jalan Pattimura

Tugu Songket terletak di persimpangan jalan Tuanku Tambusai dan jalan Arengka 2. Tugu ini diresmikan pada tanggal 23 Juni 2011 bersamaan dengan peresmian tugu Ikan Selais.

Tugu PON XVIII terletak di jalan Cut Nyak Dien ini dibuat untuk memperingati penyelenggaraan PON XVIII di Pekanbaru pada tanggal 9 sampai 20 September 2012.


Share

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar