Jumat, 19 April 2013

Surat Al-Muawwidzatain, Dua Surat Pelindung Diri



Kedua surat terakhir dari kitab suci al-Qur'an ini disebut dengan Al-Muawwidzatain atau mencari perlindungan. Kedua surat ini memiliki kekuatan yang tiada tandingannya dari ilmu-ilmu yang ada di kitab terdahulu (kekuatan keduanya ada di ayat terakhir). Kedua surah ini bermakna kembar yaitu manusia mencari pertolongan dan perlindungan kepada Allah swt dari godaan syaitan yang terkutuk.


Alasan yang menyebabkan diturunkannya dua surah ini kepada Rasulullah saw adalah  banyaknya kaum yang mencoba untuk menghalangi tujuannya dalam mensiarkan agama Islam. Mereka tidak hanya menghalangi siar beliau melainkan juga ancaman pembunuhan terhadap Rasulullah saw, sahabat, keluarga dan pengikutnya. Oleh karenanya, pada masa itu Allah swt menurunkan wahyu-Nya kepada beliau  yakni surah Al-Falaq dan surah An-Nas yang bermakna pencarian perlindungan atau pertolongan yang hanya berasal dari Allah swt.

Adapun beberapa khasiat surat Al-Muawwidzatain ini diantaranya adalah:

1. Aisyah ra menerangkan  bahwa Rasulullah saw pada setiap malam apabila hendak tidur beliau membaca surat Al-Ikhlas, surat Al-Falaq, surat An-Nas, kemudian ditiupkan pada kedua telapak tangannya kemudian diusapkan keseluruh tubuh dan kepala.

2. Sayyidina Ali bin Abi Thalib ra menerangkan bahwa  Rasulullah saw pernah digigit binatang kala, kemudian beliau mengambil air garam dan dibacakan surat Al-Falaq dan surat An-Nas lalu diusapkan pada anggota tubuh yang terkena gigitan bintang kala tadi.

3. Uqbah bin Amir menerangkan bahwa ketika saya sesat dijalan dalam suatu perjalanan bersama dengan Rasulullah saw, beliau membaca surat Al-Falaq dan surat An-Nas dan akupun disuruh beliau juga untuk membacanya.

4. Barangsiapa terkena penyakit karena perbuatan syaitan atau manusia, hendaklah membaca surat Al-Falaq dan An-Nas sebanyak 41 kali selama 3 hari, 5 hari atau 7 hari berturut-turut sampai sembuh.

5. Barangsiapa yang takut akan godaan syaitan atau manusia atau takut dalam kegelapan malam atau takut kepada kekejaman raja maka bacalah surat Al-Falaq dan surat An-Nas 100 kali, Insyaallah anda akan aman dimanapun. 

6. Uqbah menerangkan bahwa Rasulullah saw berkata kepadaku, "Maukah engkau aku ajarkan kepadamu dua buah surat yang tidak ada bandingannya dalam kitab Zabur, Taurat, dan Injil?" Kemudian saya menjawab, "Baiklah Ya Rasululullah. Kemudian Rasulullah saw membaca surat Al-Falaq dan surat An-Nas." 

7. Barangsiapa membaca surah Al-Muawwidzatain satu kali maka dijaga oleh Allah dari kejahatan jin dan manusia dan dijaga dari was-was.

8. Apabila menghadap orang zalim, bacakan surat Al-Muawwidzatain satu kali, insyaallah selamat dari kezaliman orang itu.

Wallahu'alam!
Share

Artikel Terkait

18 komentar:

  1. Terimakasih, sangat bermanfaat apa yang sudah ditulis tersebut di atas..

    BalasHapus
  2. Terimakasih,sudah mau berbagi... Mudah2 kita selalu dalam lindungan Allah swt

    BalasHapus
  3. Alkhamdulillah sangat bermanfaat blognya pak

    BalasHapus
  4. luar biasa alhamdulillah dapat ilmu tambahan

    BalasHapus
  5. terimakasih, alhamdulillah dapet info baru, ....klo boleh tambahin khasiat surat Al-Muawwidzatain yang ada 7 itu kasih tau refrensinya dong biar lebih gerget ...

    BalasHapus
  6. Trimakasih artikel nya pak smoga bpk dan kluarga diberikan kselamatan,mohon izin untuk mengamalkannya pak

    BalasHapus
  7. alhamdulillah dpat tambahan ilmu, smoga saja berkah dan brmanfaat bgi bnyk orang. aamiin

    BalasHapus
  8. Semoga Allah senantiasa menjaga kita dan melindungi kita dari godaan syaiton dan dr orang2 yang dzalim..Aamiin

    BalasHapus
  9. Makasih barakallahuli walaka

    BalasHapus
  10. Sangat bermanfaat terimakasih

    BalasHapus
  11. Sangatlah berguna bagi ummat Islam Nusantara..kepercayaan atas pertolongan Allah SWT memang hrz ditingkatkan.

    BalasHapus
  12. sangat b'manfaat... makasi....
    teruskan syiar-nya om....

    BalasHapus
  13. 👍🏻👍🏻👍🏻 Alhamdulillah semoga berkah...terima kasih

    BalasHapus