Kamis, 15 Maret 2012

Cara Terbaik Cegah Kanker Payudara

Kanker payudara adalah keganasan yang bermula dari sel-sel payudara, terutama menyerang pada wanita tetapi tidak menutup kemungkinan terjadi juga pada pria. Kanker payudara terjadi karena adanya perubahan/mutasi sertentu pada DNA sel payudara. Mutasi ini ada yang bersifat diwariskan tetapi ada juga yang terjadi dengan sendirinya tanpa diketahui penyebab pasti (cancerhelps).

Ada 12 cara terbaik perlu dilakukan yang insya Allah dapat melumpuhkan serangan penyakit ini:
1. Hindari Lemak. Penelitian membuktikan lemak makanan penyebab utama berjangkitnya kanker payudara. Sumber lemak itu antaranya, daging, susu, margarin, kacang, dan minyak tanaman. Namun minyak zaitun dan mentega malah cukup baik untuk mencegah kanker karena berasal dari sumber organik yang mengandung phytochemical yang mampu menahan gerakan awal pembentukan kanker.


2. Sayuran dan Vitamin. Banyak-banyaklah mengkonsumsi sayuran hijau daun dan vitamin A, seperti wortel dan kentang manis.

3. Kurangi Daging Sapi. Daging sapi mampu merangsang berjangkitnya kanker payudara. Wanita yang makan daging sapi sekali sehari punya resiko terserang kanker payudara dua kali lipat dibandingkan yang makan ikan, daging ayam, dan produk susu.

4. Makanan Berserat. Makanan berserat ternyata mampu menurunkan 30 persen kanker payudara. Makanan berserat ini antaranya sayuran, kacang buncis, dan mangga.

5. Hindari Makanan Kalengan. Semakin segar suatu makanan, semakin baik untuk mencegah kanker. Makanan segar, makanan yang tidak disimpan, dibekukan, dikeringkan, atau diawetkan. Makanan segar banyak mengandung vitamin C, yang mudah larut dalam air atau menguap jika dibiarkan di udara terbuka, terkena cahaya, atau dibekukan.

6. Hentikan Minum Pil. Penggunaan obat secara teratur jelas akan meningkatkan resiko terserang kanker payudara. Obat-obatan yang memicu kanker antaranya, steroid, cortisones, dan obat penghambat beta untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Obat ini akan menekan produksi melotonin anti kanker. Juga obat anti depresi, serta obat luka bernanah.

7. Awasi Infeksi. Infeksi virus menahun juga dapat meningkatkan resiko terserang kanker payudara. Bahkan infeksi bakteri kronis bisa melemahkan kekebalan tubuh.

8. Teraturlah Memeriksakan Diri. Wanita yang rajin memeriksakan payudaranya ke dokter spesialis akan terbebas dari serangan.

9. Hindari Rokok. Rokok mengandung zat kimia pemicu kanker payudara. Wanita perokok berisiko dua kali lipat terserang kanker ketimbang wanita yang tidak merokok.

10. Hindari Minuman Keras. Menikmati minuman keras secara teratur, jelas akan memicu kanker payudara. Malah kanker ini akan cepat tumbuh dan berkembang pada wanita yang pecandu minuman keras yang belum berusia 30 tahun.

11. Berikan ASI Pada Anak. Memberikan ASI pada anak selama tiga bulan atau lebih ternyata mampu menurunkan resiko terserang kanker payudara.

12.Olahraga Teratur. Olahraga yang teratur. ternyata mampu menurunkan 35 persen resiko terserang kanker, karena olahraga dapat menurunkan penyerapan estradiol dan menghentikan npembentukan produk sampingan metabolisme karsinogen akibat penghancuran estrogen. Selain itu, olahraga mampu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan mengurangi stres.

Sumber: Majalah Warnasari, No. 228
Share

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar