Rabu, 30 Januari 2013

Keistimewaan Al-Qur'an

Al-Qur'an merupakan kitab suci terakhir yang diturunkan Allah kepada nabi Muhammad saw. Al-Qur'an tidak disangkal  lagi menempati posisi yang sangat penting dan juga punya sejumlah keistimewaan jika dibanding dengan kitab-kitab sebelumnya. Adapun keistimewaan al-Qur'an itu adalah:



Pertama, Al-Qur'an memuat ringkasan ajaran-ajaran yang dibawa kitab-kitab sebelumnya. Di samping itu, al-Qur'an juga memperkokoh kebenaran yang dibawa nabi terdahulu, seperti soal aspek keesaan dan keimanan kepada Allah, para rasul, pembenaran atas adanya hari akhir, surga dan neraka, serta keharusan berakhlak mulia.

Kedua, Al-Qur'an juga memuat kalam Allah terakhir yang berperan sebagai petunjuk/pemimpin bagi manusia. Oleh karena itu, kemurnian isinya terjaga dan terpelihara dari tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab.

Ketiga, Keberlakuan al-Qur'an tak dibatasi oleh raung dan waktu.

Keempat, Al-Qur'an merupakan kitab suci agama Islam dan karena Islam adalah agama dakwah, maka al-Qur'an pun harus disebarluaskan atau didakwahkan dan agar dakwah itu mudah dipahami, Allah juga telah mewahyukan kalam-Nya itu dengan bahasa yang sangat mudah.
Share

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar