Senin, 17 Desember 2012

Tips Tidak Kantuk Saat Khotbah Jumat

Kita tentu pernah mengalami rasa kantuk ketika sedang mendengarkan khutbah dalam sholat Jumat. Sambil duduk, kepala tertunduk dan mata terpejam, namun tidak disadari bahwa kita telah tertidur. Setengah sadar, suara khotib terdengar sayup-sayup melenakan. Khutbah merupakah rangkaian dalam ibadah sholat Jumat. Jadi mesti didengar dengan baik. Ada beberapa tips jitu untuk mengatasi kantuk saat khutbah Jumat.

1. Luruskan Niat. Sebelum berangkat ke masjid untuk beribadah sholat Jumat, kita harus melurukan niat untuk beribadah sebaik-baiknya kepada Allah swt. Lakukan hal-hal yang diutamakan ketika akan sholat Jumat berdasarkan tuntunan agama, misalnya mandi dan memakai minyak wangi.


2. Fokus Mendengarkan Khotbah. Arahkan pandangan kepada khotib di atas mimbar. Dengarkan dan simak dengan baik khotbah. Umumnya, khotbah berisi beberapa petikan ayat-ayat suci al-Qur'an yang harus didengarkan dan diperhatikan agar kita mendapat rahmat dari Allah swt.

3. Duduk Dengan Tegak. Duduklah dengan tegak. Jangan menyandarkan punggung pada dinding atau pilar masjid. Dalam posisi punggung tegak secara benar, proses pernafasan akan berjalan baik sehingga suplai oksigen ke dalam tubuh tetap lancar. Ketidaklancaran suplai oksigen akan menimbulkan kantuk.

4. Ubah Posisi Duduk. Duduk dalam posisi tetap dalam waktu agak lama menyebakan terganggunya aliran darah yang menyuplai oksigen dalam tubuh kita. Sesekali lakukan perubahan posisi duduk. Misalnya mengubah secara bergantian posisi atas bawah dari kaki kiri dan kaki kanan ketika duduk bersila. Bisa juga dari duduk bersila ke duduk bersimpuh dan sebaliknya. Tapi kita harus hati-hati jangan sampai mengganggu orang lain.

5. Tunda Makan Siang. Usai makan siang biasanya timbul kantuk. Untuk menghindari agar kantuk tidak timbul, kita tunda dulu makan siang. Lagi pula dengan menunda makan siang, kita bisa datang lebih awal ke masjid. Memperoleh shaf depan, Insya Allah pahalanya lebih banyak dibandingkan dengan shaf belakang.

Wallahualam!
Share

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar