Jumat, 21 Desember 2012

Ada Hak Bagi Orang Lain

Saya adalah seorang sopir angkutan umum. Akibat semakin banyak saingan, penumpang pun menjadi sepi. Kadang-kadang, untuk mendapat uang setoran pun harus tombok alias tekor. Hal ini sempat membuat saya su'udzun (berburuk sangka) kepada Allah, mengapa rezeki saya sangat seret. Astaghfirullah al'adzim. 

Di suatu hari, saya melihat seorang nenek tua, kira-kira berumur 80-an tahun, dalam keadaan yang sangat lemah, berjalan pun sambil terhuyung,  bajunya lusuh. Di benak saya timbul rasa iba. Orang setua itu mengapa tidak ada yang merawatnya. Hal ini menggerakkan hati saya untuk menolongnya. Tetapi, saya sendiri tidak tahu harus berbuat apa. Kucoba merogoh saku celana, di dalamnya hanya ada beberapa lembar uang yang belum cukup untuk setoran. Karena sangat ingin menolong, kuambil selembar uang ribuan dan kuberikan kepada nenek tua itu. Sambil gemetar, diterimalah uang tersebut dan nenek itu pun bergumam entah apa, saya tidak tahu karena saya langsung bergegas pergi.


Keesokan harinya, saya menjalani aktivitas seperti biasa sebagai sopir. Namun hari itu tidak seperti biasanya, penumpang saat itu sangat ramai. Alhamdulillah, baru setengah hari, uang yang didapat sudah cukup untuk setoran, bahkan lebih. Hari itu benar-benar sangat melelahkan. Sampai hampir larut malam, saya baru pulang kerja. Sesampainya di rumah, saya jadi berfikir, hari ini rezeki saya sedang lumayan. Mungkin karena kemaren saya memberi sedekah kepada nenek tua itu. dan ia mendoakan agar rezeki saya lancar. Saya jadi teringat nasehat guru saya bahwa orang yang bersedekah akan diberi imbalan lebih banyak oleh Allah swt, dan dalam rezeki kita itu ada sebagian untuk orang yang membutuhkan. 

Begitulah pengalaman yang pernah saya alami, semoga hal ini menyadarkan kita agar tidak kikir dan mau memberi bantuan kepada mereka yang benar-benar membutuhkan.

Diceritakan oleh Hamba Allah, Banjarnegara, Jawa Tengah, dalam Majalah Hidayah Edisi Spesial Idul Fitri 1425 H/2004
Share

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar