Jumat, 13 Juli 2012

Hakikat Bersyukur

Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan, "Sesungguhnya jika kamu bersyukur pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih." (QS. Ibrahim 14: 7).

Ayat 7 surah Ibrahim tersebut adalah upaya menimbulkan sikap optimisme dan mendorong manusia untuk giat beramal guna memperoleh nikmat yang lebih banyak lagi. Ayat ini secara tegas menyatakan jika manusia bersyukur maka pasti nikmat Allah akan ditambahnya, tetapi ketika berbicara tentang kufur nikmat tidak ada penegasan bahwa pasti siksa-Nya akan jatuh. Ayat ini hanya menegaskan bahwa siksa Allah  pedih. Jika demikian, penggalan akhir ayat ini dapat dipahami sekedar sebagai ancaman. Di sisi lain tidak tertutup kemungkinan keterhindaran dari siksa duniawi bagi yang mengkufuri nikmat Allah, bahkan boleh jadi nikmat tersebut ditambahnya dalam rangka mengulur kedurhakaan. Dalam konteks ini Allah mengingatkan, "Dan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami, nanti Kami akan menarik mereka dengan berangsur-angsur (kearah kebinasaan), dengan cara yang tidak mereka ketahui. Dan Aku memberi tangguh kepada mereka. Sesungguhnya rencana- Ku amat teguh." (QS. Al-A'raf 7: 182-183).


Hakikat syukur adalah menampakkan nikmat, antara lain menggunakannya pada tempatnya serta sesuai dengan yang dikehendaki oleh pemberinya, juga menyebut-nyebut pemberinya dengan baik. Dari penjelasan tersebut dapat dipahami bahwa syukur menuntut pengakuan dengan hati, pengucapan dengan lidah, dan pengamalan dengan anggota tubuh.

Ini berarti setiap nikmat yang dianugerahkan Allah, menuntut perenungan untuk apa nikmat dianugerahkan- Nya, lalu menggunakan nikmat tersebut sesuai dengan tujuan penganugerahan-Nya. Allah berfirman, "Sedikit sekali dari hamba-hamba-Ku yang bersyukur." (QS. Saba' 34: 13). Jika kita tidak dapat termasuk dalam kelompok yang sedikit, maka usahakan menjadi orang yang sering bersyukur (syakir). Amiin yaa Rabbal 'aalamiin.

Sumber: Wahid, Majalah Hikmah, No. 13 Tahun 2


Share

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar