Sabtu, 14 Juli 2012

Balasan Meninggalkan Shalat

"Rukun Islam adalah menyembah Allah dan tidak menyekutukannya (bersyahadat), mendirikan shalat, menunaikan zakat yang diwajibkan, puasa Ramadhan, dan berhaji ke Baitul haram." (HR. Bukhari-Muslim).

Shalat adalah salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh setiap orang Islam, kecuali ibadah haji, yang hanya diwajibkan bagi yang mampu. Orang yang tidak melakukan shalat, berarti dia telah meninggalkan salah satu rukun sebagai orang Islam. Bagaimanakah bila shalat ditinggalkan?


Dikisahkan, pada suatu ketika Rasulullah saw sedang duduk bersama para sahabat, lalu datang seorang pemuda Arab masuk ke dalam masjid dengan menangis. Ketika Rasulullah saw melihat pemuda itu menangis, Beliau pun berkata, "Wahai orang muda, kenapa kamu menangis? Orang muda itu menjawab, "Ya Rasulullah, ayah saya telah meninggal dunia, tidak ada kain kafan dan tidak ada orang yang hendak memandikannya." Lalu Rasulullah memerintahkan Abu Bakar dan Umar ikut orang muda itu, untuk melihat ayahnnya yang telah meninggal. Setelah mengikuti orang itu, Abu Bakar dan Umar melihat ayah pemuda itu, wajahnya berubah menjadi babi hutan yang hitam, Abu Bakar dan Umar pun kembali kepada Rasulullah dan memberitahukan apa yang terjadi, "Ya Rasulullah, kami lihat mayat ayah orang ini berubah menjadi babi hutan yang hitam."

Kemudian Rasulullah dan para sahabat pun pergi ke rumah pemuda itu, beliau berdoa kepada Allah, tiba-tiba wajah ayah pemuda tersebut berubah seperti semula, sebagaimana layaknya manusia. Rasulullah dan para sahabat kemudian menshalati mayat tersebut. Tapi, ketika mayat itu hendak dikebumikan, tiba-tiba wajahnya kembali berubah seperti babi hitam lagi, maka Rasulullah pun bertanya kepada pemuda itu, "Wahai orang muda, apakah yang telah dilakukan oleh ayahmu sewaktu di dunia dulu?"

Berkata orang muda itu, "Sebenarnya, ayahku ini tidak mau mengerjakan shalat." Kemudian Rasulullah berkata, "Wahai  para sahabatku, lihatlah keadaan orang yang meninggalkan shalat. Di hari kiamat nanti, ia akan dibangkitkan Allah seperti babi hutan yang hitam."

Pada masa kekhalifahan Abu Bakar, ada seorang laki-laki yang meninggal dunia, ketika sedang dishalati, dari balik kain kafannya tiba-tiba ada yang bergerak. Ketika kain kafan itu dibuka, ternyata ada seekor ular yang sedang membelit leher mayat tersebut, bahkan dia memakan daging dan menghisap darahnya. Orang yang menyaksikan hal tersebut berusaha ingin membunuh ular itu.

Saat mereka mencoba membunuh ular itu, ular itu berkata, "La ilaha illallah Muhammad Rasulullah, mengapakah kamu semua hendak membunuh aku? Aku tidak berdosa dan tidak bersalah. Allah yang memerintahkanku supaya menyiksanya sampai hari kiamat nanti."

Para sahabat bertanya, "Apakah kesalahan yang telah dilakukan oleh mayat ini?"

Ular itu menjawab, "Dia telah melakukan tiga kesalahan, yaitu apabila dia mendengar azan, dia tidak mau datang untuk shalat berjamaah, dia tidak mau mengeluarkan zakat, dan dia tidak mau mendengar nasehat para ulama. Maka inilah balasannya." 

Dalam sebuah hadis diterangkan, bahwa Rasulullah saw terlah bersabda, "Barang siapa yang mengabaikan shalat secara berjamaah, maka Allah akan mengenakan 12 tindakan kepadanya. Tiga diantaranya akan dirasakan di dunia, yaitu:
1. Allah akan menghilangkan berkah dari usahanya (rezekinya), 
2. Allah mencabut nur (cahaya) orang-orang mukmun darinya, dan
3. Dia akan dibenci oleh orang-orang beriman.
Selain itu, juga ada tiga macam siksa ketika dia hendak mati, yaitu:
1. Ruh dicabut ketika dia dalam keadaan sangat haus, meskipun ia telah meminum seluruh air laut,
2. Ketika ruhnya dicabut, ia akan merasakan pedih yang sangat luar biasa, dan
3. Berkurangnya iman.
Sedangkan tiga macam bahaya yang akan dihadapinya ketika berada di dalam kubur, antara lain:
1. Dia tidak akan bisa menjawab pertanyaan malaikat Mungkar dan Nakir yang sangat mengerikan,
2. Kuburnya menjadi gelap, dan
3. Tanah kubur akan menghimpitnya, sehingga semua tulang rusuknya berkumpul.
Dan, yang paling puncak dari semua penderitaan yang akan diterimanya di hari kiamat adalah:
1. Hisab (perhitungan amal) yang sangat berat,
2. Kemurkaan Allah yang sangat besar, dan
3. Siksaan api neraka yang tidak akan ada habisnya.

Semoga kita diberi kekuatan oleh Allah untuk dapat melaksanakan shalat berjamah di masjid. Amiiin.
Share

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar