Selasa, 14 Februari 2012

Tips Menjaga Keutuhan Cinta



1. Memelihara Kebersihan. Fitrah manusia adalah bersih dan  menyukai  kebesihan.  Bila  seseorang  menjalani  pola  hidup   kotor  dan berantakan, bukan  lantaran  ia   tidak   menyukai    kebersihan,   tapi   semata-mata   karena   dia   malas membersihkan diri, pakaian  dan   lingkungan   sekitarnya.   Karenanya   Rasulullah saw.  mensunahkan   para   suami   dan    isteri    untuk membersihkan diri sebelum memadu kasih  dengan   mandi   terlebih   dahulu   dan membersihkan bulu-bulu yang tidak disukai pasangan. Setelah itu mengenakan wewangian  dan  pakaian yang enak dipandang.  Hal  ini   tidak   hanya mengukuhkan rasa cinta tetapi juga membuat pasangan  lebih  tertarik kepadanya.

Kebersihan mulut juga harus menjadi  perhatian   utama   karena   bau   yang    tidak     sedap     kerap   mengganggu kenyamanan pasangan. Rasulullah saw. bersabda, "Apabila seseorang menyikat  giginya  dan   kemudian shalat, maka shalatnya tujuh puluh kali lebih baik."

Ini mungkin pada awalnya masalah kecil, namun kemudian masalah  ini   mengendap    dan   menumpuk hingga suatu saat menjadi pemicu pertikaian dan keretakan dalam rumah tangga.

2. Ungkapkan Kata Cinta. Marilah sejenak kita mengenang masa-masa indah dulu, saat ikatan  pernikahan  belum   terwujud   dan jalinan kasih sayang meresap merengkuh segenap jiwa. Melalui surat, via  telepon,   bahkan   ketika   bertemu pandang dengan si dia, beribu kata cinta terlontarkan dari mulut  kita.  Tak   jarang   pula    beberapa    benda   simbol cinta diberikan kepada yang terkasih dihati.

Tetapi ketika anak-anak sudah lahir, berapa kali kita mengucapkan, "Aku cinta kamu!", padahal  setiap hari pasangan bertemu dan tidur bersama? Bila ingin menjaga keutuhan cinta dalam rumah tangga mulailah dari hal yang sederhana. Rasululah saw. bersabda, "Apabila seorang  suami   berkata   pada   isterinya,   'Aku mencintaimu,' maka perasaan cinta tidak akan pernah hilang dari hati isterinya."


3. Membawa Pulang Hadiah. Hadiah adalah penggugah rasa, khususnya bagi wanita. Dia akan  merasa   tersanjung   saat   menerima hadiah dari sang suami, sekecil apapun wujud hadiah itu. Bila ingin menyenangkan isteri  atau  menenteramkan hatinya, belilah sesuatu yang Anda tahu disukai  olehnya. Barang  itu   tidak   perlu   mahal   ataupun   mewah. Sekuntum bunga pun sebenarnya cukup karena kodrat wanita menyukai bunga.

4. Luangkan Waktu Untuk Bercengkrama.  Sisihkan sedikit waktu senggang untuk sekedar ngobrol dan membicarakan   topik-topik   yang   ringan dan menghibur. Obrolan yang tidak emosional dan tidak membebankan pikiran.   Kebiasaan   bercengkerama semacam ini tidak hanya mengukuhkan rasa sayang tetapi juga mempu mengendurkan  urat syaraf yang tegang setelah seharian bekerja.


Dikutip dari Majalah Hidayah edisi 48
          

Share

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar