Selasa, 27 November 2012

Manfaat dan Khasiat Telur Ayam

Tradisi telah mewariskan kepada kita untuk merawat kesehatan dengan menggunakan bahan-bahan alamiah. Cara-cara tradisional relatif lebih aman dibandingkan dengan menggunakan obat-obatan moderen yang banyak mengandung zat kimia. Telur, sejak dulu dipercaya dapat menjaga kesehatan dan menyembuhkan berbagai macam penyakit, hal ini karena kandungan protein dalam telur cukup tinggi.

Kadar protein telur terdapat pada bagian putih (ovalbumin), dan lebih banyak pada bagian kuning telurnya (ovavitelin). Selain protein, telurpun mengandung lemak dalam kadar yang ideal. Kandungan lemaknya banyak terdapat dalam kuning telur dan sudah dalam emulsi sehingga mudah dicerna. Telurpun mengandung beberapa jenis mineral, diantaranya kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, potasium (kalium), besi, dan aneka vitamin, khususnya vitamin A, B1, B2, B3, B6, B12, biotin, dan vitamin D.


Dalam kitab At-Thibb An-Nabawy karangan Ibnu Qayyim Al-Jauziyah dikutib sebuah atsar yang diriwayatkan oleh Al-Baihaqi dalam Syu'abul Iman yang menyebutkan, "Bahwasanya salah seorang nabi pernah mengadu kepada Allah swt, bahwa tubuhnya merasa lemah. Maka Allah memerintahkannya memakan telur."

Khasiat dan kegunaan telur sudah tidak diragukan lagi. Tapi, tidak semua telur memiliki kandungan manfaat yang baik. Telur yang masih baru lebih baik daripada yang sudah lama. Sementara, diantara seluruh telur jenis unggas, telur ayam adalah yang terbaik. Sifatnya stabil dan cenderung kepada unsur dingin.

Kuning telur bersifat panas dan lembab, bisa menambah darah secara sehat dan sempurna, dan memberikan suntikan gizi ringan. Disamping itu, telur ayam amat mudah larut dalam lambung. Kuning telur juga mudah larut dalam darah dan sedikit ampasnya. Sehingga, meskipun bukanlah termasuk obat-obatan yang optimal, namun jelas berkhasiat menguatkan jantung. Selain itu, unsur telur juga ringan sekali. Oleh sebab itu, para penderita penyakit pencernaan mudah sekali beradaptasi dengan telur karena mudah diserap oleh tubuh.

Sementara itu, putih telur bisa diteteskan kemata yang mengalami bengkak karena peradangan, bisa langsung mendinginkan radangnya dan menghilangkan rasa sakitnya. Bila dilumurkan ke wajah, bisa melindungi dari terbakar sinar matahari. Bila dicampur dengan serbuk kayu cendana lalu dioleskan ke kening, bisa mencegah terjadinya pengriputan. 

Walaupun kaya zat gizi dan berkhasiat obat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika hendak mengkonsumsi telur, diantaranya:

1. Telur mengandung kolesterol tinggi khususnya pada bagian kuning, sehingga orang-orang yang menderita kadar kolesterol tinggi, utamanya para lansia, dianjurkan untuk membatasi konsumsi telur.

2. Konsumsi telur harus diimbangi dengan konsumsi sayuran dan buah-buahan agar serapan kolesterol dalam darah dapat dibatasi.

3. Agar kandungan protein telur dapat diserap oleh tubuh secara optimal, ada baiknya telur dimasak dengan setengah matang dari pada dimakan mentah-mentah atau dimasak terlalu matang.

4. Telur sebaiknya jangan diberikan pada anak dibawah usia sembilan bulan karena berat molekul telur termasuk tinggi sehingga bisa menimbulkan alergi pada kulit anak.

Wallahu'alam!
Share

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar